Home » » Cara Mengoptimalkan pencarian blog di posisi search engine Google

Cara Mengoptimalkan pencarian blog di posisi search engine Google

Pemilik sebuah blog pastinya ingin kalau posisi blognya selalu berada di bagian teratas dari searach engine Google,
yah.. pasti semua tau sedari dulu mesin pencari Google adalah yang terbaik dan terpopuler.
Blog yang baru saja di bikin / dibangun pasti saja belum begitu terindex oleh mesin percari super Google, karena dari blog itu sendiri belum terdapat suatu konten atau aapun yang dapat mendorong Google untuk mengenalnya. Maka yang paling penting pertama dari usaha mengoptimalkan search engine google adalah membuat blog kita ini terisi dahulu.
Setelahnya banyak cara juga agar blog / website terindex paling awal di posisi pencarian google.
Dibawah ini ada sedikitnya tiga hal yang perlu dipahami, tapi sebelumnya silahkan lihat terlebih dahulu cuplikan gambar dibawah ini :



Diatas adalah screenshoot dari mesin telusur Google yang sengaja saya ambil dengan kata kunci ‘games’ yang saya masukkan di tab mesin telusur Google. Hasilnya seperti contoh di atas. Dari screenshoot di atas dapat kita lihat, ada 3 hal penting yang bisa kita ambil kesimpulannya, yakni title (warna biru), alamat domain (warna hijau) dan description (warna hitam). Baik title, domain dan description yang mengandung kata kunci ‘games’ semuanya dicetak dengan huruf tebal. Ini menunjukkan kata kunci yang kita masukkan di mesin pencari Google adalah kata kunci ‘games’.

  1. Domain ~ Bila hendak memilih sebuah alamat domain, usahakan memilih domain yang mengandung target kata kunci. Ini penting dan sebagai nilai tambah di dalam pengindeksan oleh Google. Bandingkan bila kamu mempunyai sebuah domain seperti games.com dan konsole.com. Dan kamu memasukkan sebuah kata kunci ‘games’ di mesin telusur Google. Domain seperti apa yang punya kans lebih mudah terindeks oleh Google?
  2. Title ~ Letakkanlah target kata kunci yang kamu inginkan di tag title. Sebab dengan adanya target kata kunci di tag title, ini akan memberitahu Google apa yang menjadi identitas situs atau blog kamu. Kata kunci yang akurat dan relevan akan sangat membantu di dalam pengindeksan di mesin pencari serta mendatangkan pengunjung. Menurut ahli SEO panjang dari sebuah tag title akan sangat bagus bila tidak melebihi 70 karakter.
  3. Description ~ Adalah sebuah rangkaian kata yang menerangkan apa yang ada di situs atau blog kamu kepada pengunjung. Di dalam hasil pencarian, description sering berada di bawah domain. Jangan ragu untuk menempatkan target kata kunci di situ dan seperti pada contoh gambar di atas, description juga memiliki andil di dalam menentukan hasil pencarian oleh mesin telusur. Sebuah meta description sebaiknya tidak melebihi dari 150 karakter.

Nah, kira-kira ketiga hal di atas lah yang menurut saya akan sangat menentukan dan penting untuk kamu menempatkan target kata kunci yang diinginkan. Bila situs atau blog kamu masih baru dan belum terindeks oleh Google, jangan kuatir. Kamu bisa melanjutkan untuk berbenah di bagian lainnya. Kata kunci tersebut akan terbentuk dengan sendirinya. Ok? Selamat berblogging !

0 komentar:

Posting Komentar